(LAYANAN INSTITUSIONAL)


Effective Leadership Skills

Kepemimpinan menentukan arah, membangun visi inspiratif dan menciptakan sesuatu yang baru. Kepemimpinan memetakan kemana organisasi akan bergerak untuk “menang”. Kepemimpinan membutuhkan kemampuan manejerial untuk mengarahkan tim ke arah yang tepat secara efisien. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan individu, utamanya “transformational leadership”, yang mengedepankan kemampuan berpikir visioner dan tindakan yang membawa perubahan.

Effective Team Management

Program ini ditujukan untuk memberikan kemampuan manajerial utama pada setiap individu, untuk meningkatkan daya saing organisasi dan berakhir pada perwujudan sukses. Hal ini meliputi pemilihan individu yang tepat dan menentukan “”siapa melakukan “apa”, kemampuan berkomunikasi, mengembangkan dan memotivasi individu. Dalam program ini juga diberikan beberapa “jebakan” yang harus dihindari guna menjadikan organisasi menjadi efektif.

Effective Strategy Tools

Guna berhasil memenangkan persaingan, tentu organisasi membutuhkan strategi efektif. Program ini membahas tiga level strategi; corporate strategy, business unit strategy dan team strategy. Program ini juga membahas berbagai tools dan model yang berhubungan dengan kepemilikan strategi efektif bagi organisasi.

Effective Problem Solving

Problem solving merupakan senjata utama bagi organisasi untuk memenangkan persaingan. Terdapat empat langkah utama dalam memecahkan masalah secara efektif; mendefinisikan masalah, mengembangkan alternatif, mengevaluasi dan memilih alternatif dan mengimplementasikan solusi. Program ini ditujukan untuk memberikan penguasaan kepada peserta terkait masing-masing tahapan pemecahan masalah.

Decision Making

Keputusan yang sederhana sering kali hanya membutuhkan proses pengambilan keputusan yang sederhana. Namun sering kali pada kenyataannya organisasi menghadapi kondisi berikut :

  • Uncertainty – ketika banyak fakta yang tidak diketahui .
  • Complexity – ketika banyak faktor yang saling berhubungan dan perlu dipertimbangkan
  • High-risk consequences – ketika dampak dari keputusan sangat signifikan.
  • Alternatives – masing-masing kondisi memiliki ketidakpastiannya dan konsekuensi yang unik
  • Interpersonal issues – kondisi ketika sulit untuk memprediksi reaksi individu yang terkait dengan keputusan yang diambil

Program ini ditujukan untuk memberikan kemampuan pengambilan keputusan menggunakan pendekatan yang logis dan sistematis pada kondisi kritis.

Project Management

Terdapat banyak aspek dari manajemen proyek dan hal inilah yang membuatnya menjadi menarik dan menuntut perhatian. Organisasi efektif menuntut individu di dalamnya untuk mampu menghadapi kondisi yang tidak pasti dan membuat janji pasti untuk dihantarkan. Mereka juga dituntut untuk melakukan berbagai hal tersebut dalam keterbatasan waktu dan biaya. Manajemen proyek merupakan pendekatan sistematis untuk mengatur dan mengendalikan pengenalan inisiatif baru atau perubahan dalam organisasi.

Time Management

Ketika individu menguasai bagaimana mengatur waktunya, maka ia dapat mengendalikan kondisi. Setiap individu dalam organisasi efektif tidak seharusnya sibuk bekerja kesana-kemari (sementara tidak menghasilkan apapun). Pengaturan waktu yang efektif membantu individu untuk memilih apa dan kapan harus mengerjakan tugas. Hal ini menjadi penting ketika individu ingin mencapai pencapaian yang berarti.

Stress Management

Terdapat beragam metode yang telah terbukti dapat mengatur stres. Hal ini membantu individu untuk tetap dapat tenang dan efektif dalam kondisi yang menuntut, dan membantu untuk menghindari konsekuensi jangka panjang yang diakibatkan stres berkepanjangan. Program ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan kepada peserta mengenai karakteristik stres dan berbagai metode penanganan stres yang efektif.

Effective Communication Skills

Tujuan dari komunikasi adalah untuk menghantarkan pesan anda kepada orang lain secara jelas dan tanpa ambiguitas. Menghantarkan pesan dengan jelas adalah sangat menantang. Untuk melakukan hal ini, individu perlu memahami pesan yang ingin dikirimnya, karakteristik audiens dan bagaimana pesan tersebut akan dipahami. Individu juga perlu menimbang kondisi yang melipti komunikasi tersebut seperti konteks situasional dan kultural.

Creativity Booster

Program ini ditujukan untuk meningkatkan daya kreatifitas peserta. Program ini didisain untuk memberikan peserta kemampuan untuk menghasilkan solusi kreatif dan imajinatif pada permasalahan, dan membantu peserta untuk memperhatikan kesempatan yang mungkin sering kali terlewatkan.

Learning Skills

Program ini ditujukan untuk membantu peserta dalam mengatur informasi secara lebih baik. Berbagai teknik yang diberikan memungkinkan peserta untuk mengasimilasi informasi secara cepat. Hal ini memungkinkan peserta untuk meng- up-date berbagai kejadian dan perkembangan yang terkait dengan bidang kerja peserta, menyerap informasi dalam laporan secara lebih efektif guna menyelesaikan aktifitas atau proyek yang tengah dikerjakan.

Career Skills

Program ini memberikan tools dan pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatur karir peserta secara efektif. Berbagai tools yang diberikan membantu peserta untuk mengidentifikasi berbagai tipe pekerjaan yang cocok dan akan menyenangkan bagi dirinya. Dengan mengetahui hal ini, peserta dapat mengetahui bagaimana untuk menggunakan kemampuannya secara lebih efektif, baik dalam peran saat ini atau peran mendatang.