Dra. Djauharah Bawazir, Psi. M. Pd adalah pengagas dan pencetus Model Sistem Pendidikan Bunyan yang bertujuan merealisasikan Pembentukan Manusia Seutuhnya.

Bunda yang memiliki tiga putra dan telah dianugarehi lima orang cucu, lahir di kota Malang pada 11 Oktober 1943.

Pendidikan formal ditempuhnya di Sekolah Rakyat di daerah Bangil, Sekolah Menengah Pertama di Bangil (1955), Sekolah Guru Kepandaian Putri di Yogyakarta (1958). Kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Gajah Mada fakultas Psikologi(1968). Menyelesaikan Program Akta Mengajar Lima Format Tatap Muka di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta (1982), Program Pasca Sarjana di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan program studi Teknologi Pendidikan (2004) dan beberapa lembaga non formal seperti LIPIA (1991), Lembaga Da�wah dan Studi Islam Mahad Al Hikmah Jakarta (1996).

Istri dari alm. Drs. Faris Nahdi ini masih menjadi salah satu dosen di jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ dan tentunya di PGTK Yayasan Bunyan miliknya. Selain itu beliau juga berprofesi sebagai Konsultan Pendidikan di Yayasan Bunyan, counselor di Mind Institute, trainer dan Penatar.